Jumat, 16 Maret 2012

Anjuran Memakai Jilbab atau Kerudung



(Oleh : Mitsu IQRA’)
Se ingat saya, Jilbab dan Kerudung mulai popular pada taun 2001. Saat itu banyak siswi mulai dari SMP sampai SMA berbondong-bondong mengenakan Jilbab dan Kerudung. Entah apa motivasi mereka mengenakan Jilbab dan Kerudung, yang jelas, mereka mengenakan Jilbab dan Kerudung.

Dalam islam, Jilbab dan Kerudung memang diwajibkan bagi seorang wanita yang sudah baligh (menstruasi) sebagaimana firman Allah

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْلأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْجَلابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُغَفُورًا رَحِيمًا (٥٩)

"Hai Nabi, Katakanlah kepadaisteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin:"Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka".yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu merekatidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."
(QS Al-Ahzab:59)

* Jilbab adalah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala,muka dan dada.

Next,

وَقُلْلِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَفُرُوجَهُنَّوَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَبِخُمُرِهِنَّعَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلالِبُعُولَتِهِنَّ أَوْآبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْأَبْنَائِهِنَّ أَوْأَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِيإِخْوَانِهِنَّأَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَامَلَكَتْأَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الإرْبَةِ مِنَالرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِالَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَى عَوْرَاتِالنِّسَاءِ وَلا يَضْرِبْنَبِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَمِنْ زِينَتِهِنَّ وَتُوبُوا إِلَىاللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَاالْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (٣١)


" Katakanlah kepada wanitayang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka Menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung kedadanya, dan janganlah Menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka,atau putera-putera suami mereka,atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuanmereka, atau wanita-wanita Islam,atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. dan janganlah merekamemukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung."
(QS An Nuur:31)


Sebelumnya akan saya jelaskan dulu kenapa saya beri judul tulisan saya ini Jilbab Telanjang dan Kerudung Gundul. Biar yang membaca tulisan ini nggak bingung. Dan ini argument saya, anda boleh terima atau tidak. Tapi jika nurani anda setuju dengan argument saya, akulilah dengan jujur!.

Telanjang identik dengan tubuh, yaitu tubuh yang tidak di tutupi apa-apa. Nah, untuk menutupi tubuh yang telanjang maka di perlukan Jilbab. Jilbab adalah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala,muka dan dada yang fungsinya menutupi aurat wanita (tubuh). Sedangkan Gundul identik dengan kepala, yaitu kepala yang tidak ada rambut. Dengan kata lain kepala yang tidak mengenakan rambut. Kerudung adalah sebuah benda yang dikenakan di kepala yang fungsinya untuk menutupi aurat wanita bagian atas.

Sebagaimana yang Allah katakan dalam surat (al ahzab:59) dan surat (An Nuur:31) bahwa fungsi Jilbab dan Kerudung adalah untuk menutupi aurat wanita. Ingat ya, Jilbab dan Kerudung itu untuk menutupi aurat, bukan untuk bergaya-gaya!. Tata cara memakainya pun sudah di atur, bukan asal-asalan. Mamakai Jilbab dan Kerudung itu sebagaimana yang di katakan Allah dalam surat (al ahzab:59) dan surat (An Nuur:31), yaitu mengulurkan Jilbab ke seluruh tubuh dan menutupkan kain kerudung ke dada.
Nah, jadi jika memakai Jilbab atau Kerudung nggak sesuai dengan stadarisasinya, berarti fungsi Jilbab (untuk menutupi tubuh) dan fungsi Kerudung (untuk meutupi aurat bagian atas) itu nggak dikenakan. Jadi yang dikenakan hanya Jilbab dan Kerudung dalam artian bendanya saja, tapi Jilbab dan Kerudung dalam artian fungsi nggak dikenakan. Intinya mengenakan Jilbab bendanya, tapi fungsi nya nggak mereka dikenakan, nah inilah yang saya katakan Jilbab Telanjang dan Kerudung Gundul. Mengenakan Jilbab dan Kerudung, tapi fungsi Jilbab dan Kerudungnya nggak di kenakan!.

Bagi wanita yang memakai Jilbab dan Kerudung memang karna untuk menjalankan perintah Allah tersebut, mereka akan benar-benar mengenakan Jilbab dan Kerudungnya!. Dengan kata lain mereka mengenkan Jilbab dan Kerudung dalam artian benda dan fungsinya. Mereka benar-benar memerhatikan aturan pemakaian Jilbab dan Kerudung yang di perintahkan Allah.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...